SELAMAT DATANG DI HALAMAN INI, TERIMA KASIH TELAH MENYEMPATKAN UNTUK MAMPIR KESINI...... (^_^)

JANGANLAH KAMU SUKA MENGHINA DERAJAD-NYA ORANG LAIN, BARANG KALI ORANG YANG KAMU HINA LEBIH TINGGI DERAJAT-NYA DARIMU

Senin, 17 Maret 2014

DASAR ANIMASI MENGUNAKANAN MACROMEDIA FLASH 8

  • 1. DASAR ANIMASI MENGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8
  • 2. PENGENALAN MACROMEDIA FLASH 8  Macromedia Flash merupakan sebuah software aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi  berbasis vektor dan bitmap. Didalam menu Macromedia flash hampir semua tool yang terdapat dalam  macromedia flash sama dengan yang ada dalam menu aplikasi CorelDraw dan Photoshop.  Pengenalan ToolBox Macromedia Flash :      Page | 2    
  • 3.       Page | 3   
  • 4. A. TEKNIK DASAR  MOTION TWEEN DAN MOTION SHAPE  Motion merupakan serangkaian gerakan yang dimulai dari keyframe pertama dan bergerak menuju ke  keyframe terakhir dari jalur motion yang dipilih tersebut. Motion Tween digunakan untuk menggerakan  objek yang sudah menjadi simbol, sedangkan motion shape digunakan untuk menggerakkan objek   gambar vektor yang tidak dijadikan simbol seperti Rectangle, oval dan polystar. Pada tutorial kali ini  akan dibahas teknik dasar animasi motion tween dan motion shape dengan menggunakan software  aplikasi Macromedia Flash 8, langkah‐langkahnya sebagai berikut :  1. Buka aplikasi macromedia flash 8, kemudian klik Flash Document pada menu Create New.    2. Setelah masuk pada menu macromedia flash project buat sebuah objek misal gambar lingkaran  dengan warna bebas dengan cara klik menu Oval Tool pada toolbox lalu buat lingkaran didalam  stage.      3. Selanjutnya buat keyframe baru pada menu frame yang terdapat dalam menu timeline dengan  cara klik kanan pada frame yang dipilih kemudian klik Insert Keyframe.    Page | 4    
  • 5.   4. Setelah itu blok keyframe terakhir yang baru dibuat tersebut, lalu geserkan objek lingkaran  kearah kanan, seperti gambar di bawah ini :    5. Kemudian buat motion shape, karena objeknya tidak dibuat symbol, dengan cara kliksalah satu  frame, lalu pada menu properties bagian bawah, pada menu Tween ganti dengan shape, seperti  gambar di bawah ini :    6. Dan hasil bentuk framenya terdapat tanda panah antara keyframe pertama menuju keyframe  terakhir seperti gambar di bawah ini :    7. Setelah itu simpan projectnya dengan nama misal motion dengan ekstensi atau perluasan *.fla  lalu jalankan hasil animasinya dengan cara menekan tombol kombinasi ctrl+enter. Jika objek  lingkarannya bergerak dari kiri kekanan maka animasi motionnya berhasil. Selanjutnya bisa  ditambahkan keyframe lagi disela‐sela motion lingkaran tersebut dan mengganti objek  lingkarannya misal diganti dengan objek persegi, dan hasil animasi motionnya akan berubah  bentuk dari bentuk lingkaran ke bentuk persegi dan dari bentuk persegi akan berubah ke bentuk  lingkaran lagi.  Page | 5    
  • 6.   B. MEMBUAT ANIMASI TRAFFIC LIGHT (LAMPU LALU LINTAS)  Untuk membuat animasi traffic light atau lampu lalu lintas membutuhkan minimal 2 layer, karena jika  menggunakan 1 layer maka ketika objek yang tidak dibuat symbol ditumpuk dengan objek lain yang  berbeda warna yang juga tidak dibuat symbol, akan terjadi pemotongan ditengah objek atau biasa  disebut trim shapping seperti di aplikasi Corel Draw. Langkah‐langkah untuk membuat animasi traffic  light bisa dilakukan seperti langkah di bawah ini:  1. Buka aplikasi macromedia flash 8, lalu pilih flash document pada menu Create New    2. Setelah itu buat persegi panjang dengan warna fill hitam dengan menggunakan menu Rectangle  Tool pada toolbox, lalu ganti warna fillnya yang terletak di menu properties, seperti gambar di  bawah ini :        Page | 6    
  • 7. 3. Kemudian ganti nama layer 1 dengan nama kotak, dengan cara klik 2X tepat pada nama layer 1,  lalu ganti namanya menjadi kotak lalu tekan enter, seperti gambar di bawah ini :    4. Selanjutnya buat layer baru lagi dan beri nama lampu, dengan cara klik kanan pada layer kotak,  lalu pilih insert layer, atau bisa juga dengan mengklik ikon insert layer yang terdapat di bawah  menu layer.      5. Setelah itu buat 3 buah lingkaran dengan menggunakan Oval Tool pada toolbox dan letakkan  pada layer lampu dan posisikan ketiga objek lingkaran tersebut tepat diatas objek persegi  panjang dan susun dengan bentuk vertikal dan ganti warna lingkaran paling atas dengan warna  merah tua, warna lingkaran yang di tengah ganti dengan warna kuning tua atau redup dan  warna lingkaran terkahir atau paling bawah ganti dengan warna hijau tua, seperti gambar di  bawah ini :  Page | 7    
  • 8.   6. Kemudian tambahkan frame baru pada layer kotak pada time line frame 40, dengan cara klik  kanan pada baris frame ke 40, lalu pilih insert frame.    7. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :    8. Selanjutnya tambahkan keyframe baru pada layer lampu pada time line frame 5 dengan cara klik  kanan pada time line frame 5 pada layer lampu, lalu pilih insert keyframe.    Page | 8    
  • 9.   9. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :    10. Setelah itu ubah warna objek lingkaran paling atas menjadi warna merah cerah yang berarti  lampu merah yang pertama kali menyala pada keyframe yang berada pada time line frame 5.    11. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :    12. Selanjutnya buat keyframe baru lagi pada layer lampu di time line frame 15 dengan cara yang  sama seperti di atas, kemudian ubah warna objek lingkaran merah cerah menjadi merah tua  atau gelap kembali dan warna objek lingkaran yang diposisi paling bawah yang berwarna hijau  tua atau gelap ubah warnanya menjadi warna hijau cerah, berarti lampu hijau menyala, dan  hasilnya seperti gambar di bawah ini :    Page | 9    
  • 10. 13. Setelah itu buat keyframe baru lagi pada layer lampu di time line frame 25. Kemudian ganti  warna lingkaran hijau cerah dengan warna hijau tua atau gelap kembali dan ganti warna  lingkaran kuning gelap atau tua dengan warna kuning cerah, berarti lampu kuning menyala.    14. Kemudian buat keyframe lagi pada time line frame ke 35 pada layer lampu. Untuk membuat  tempo animasi lampu warna kuningnya.    15. Selanjutnya ubah warna objek lingkaran warna kuning cerah dengan warna kuning gelap atau  tua pada keyframe nomor 35 seperti pada keyframe yang pertama, setelah itu buat frame pada  time line ke 40 pada layer lampu, sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini :    16. Setelah itu simpan projectnya dengan nama traffic light dengan ekstensi default *.fla, kemudian  jalankan animasinya dengan cara tekan tombol kombinasi Ctrl+Enter.  Page | 10    
  • 11. C. MEMBUAT GAMBAR ANIMASI BURUNG TERBANG DAN PEMBUATAN SYMBOL  Untuk membuat gambar animasi burung terbang, syarat yang utama minimal terdiri atas layer badan,  kaki dan kepala burung untuk satu layer dan layer mata untuk membuat animasi mata berkedip dan  layer ketiga adalah layer sayap. Langkah – langkah untuk membuat animasi burung terbang seperti di  bawah ini :  1. Buka aplikasi Macromedia Flash 8 kemudian pilih flash document pada create new.    2. Setelah itu buat gambar lingkaran untuk membuat kepala terlebih dahulu dengan menggunakan   pada toolbox dan beri warna backgroundnya pada fill dengan warna biru atau  oval tool  yang lain pada burung.    3. Kemudian baru membuat badannya dengan menggunakan line tool   pada toolbox dan  beri warna outlinenya dengan warna biru, lalu sambungkan dengan objek lingkarannya agar  ketika pada gambar badannya diblok warna menggunakan paint bucket tool tidak ada yang  kurang. Buat badannya seperti gambar di bawah ini :    Page | 11    
  • 12.   4. Selanjutnya ganti bentuk kursor dengan menu Selection Tool pada toolbox, kemudian arahkan  kursornya pada garis paling bawah. Setelah bentuk kursor terdapat garis lengkung yang terletak  di bawah kursor lalu klik dan tarik garisnya kebawah sehingga akan menjadi seperti gambar di  bawah ini :      5. Setelah itu blok warna fill badan dengan warna biru muda dengan menggunakan menu paint  bucket tool lalu klik pada bagian dalam badan.    6. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :    7. Selanjutnya buat garis ekornya dengan menggunakan menu line tool.    Page | 12    
  • 13. 8. Setelah itu buat jambul dan paruh burungnya dengan menggunakan menu line tool, seperti  contoh gambar di bawah ini :    9. Kemudian blok background fillnya dengan warna kuning redup pada jambulnya dan warna  merah pada paruhnya dengan menggunakan menu paint bucket tool.    10. Selanjutnya buat lingkaran lagi letakkan pdiatas objek badannya jangan ditempelkan, karena  untuk dibuat kaki burungnya dengan menggunakan menu oval tool dan beri warna fill merah.    11. Setelah itu klik menu selection tool, kemudian arahkan kursor pada ujung garis tepi atau outline  sisi kanan pada lingkaran, setelah dibawah kursor terdapat ikon garis hitam lengkung kemudian  klik dan tarik ke kiri sehingga akan membentuk seperti gambar di bawah ini :    Page | 13    
  • 14.   12. Kemudian letakkan gambar lingkaran yang sudah dibuat kaki tersebut di bawah ekor, dengan  cara klik menu Free Transform tool pada toolbox, lalu blok gambar kaki kemudian pindahkan  dan letakkan di bawah ekornya, seperti gambar di bawah ini :  Free Transform  Tool      13. Setelah itu buat objek burung setengah jadi itu menjadi symbol, dengan cara posisikan kursor  pada menu Free Transform Tool, kemudian blok semua objeknya, lalu klik kanan pilih Convert To  Symbol.    14. Setelah muncul menu Convert To Symbol ganti nama symbol1 pada name menjadi “burung”  tanpa tanda kutip setelah itu pilih type movie clip lalu klik ok.    15. Setelah objek burung setengah jadi sudah menjadi symbol, kemudian edit kembali objeknya  untuk dilengkapi dengan sayap dan mata dengan cara klik 2X pada objek burung yang sudah  menjadi symbol.  Masuk di area  editor symbol     Page | 14    
  • 15. Status objek burung yang sudah di  buat symbol menjadi shape karena  masuk dalam area kerja symbol      16. Kemudian ganti nama layer 1 dengan nama layer badan.    17. Selanjutnya buat layer baru lagi dan beri nama layer mata dengan cara klik kanan pada layer  badan lalu pilih insert layer, atau bisa juga dengan mengklik ikon insert layer yang berada di  bawah layer badan.      18. Setelah itu buat lingkaran sedikit berbentuk oval pada layer mata dengan menggunakan menu  oval tool dan beri warna fill dan outline dengan warna biru, seperti gambar di bawah ini :  Page | 15    
  • 16. Menu Warna Outline dan Fill      19. Kemudian buat lingkaran yang sedikit berbentuk oval lagi dengan warna fill dan outline hitam  dan letakkan di dalam lingkaran yang baru dibuat tadi, seperti gambar di bawah ini :    20. Setelah itu buat lagi lingkaran yang lebih kecil untuk membuat efek sinar cahaya ke mata dengan  warna fill dan outline putih, dan letakkan di atas lingkaran warna hitam, seperti gambar di  bawah ini :      Page | 16    
  • 17. 21. Kemudian kunci layer badan agar aman dari proses editan dengan cara klik tanda bulat warna  hitam bagian tengah pada layer badan dan hasilnya akan berubah menjadi ikon gembok, berarti  tandanya layer telah dikunci.    22. Selanjutnya blok gambar mata tersebut dengan posisi kursor dalam bentuk menu free  transform, lalu kecilkan ukurannya dan letakkan di bagian kepala dan sesuaikan hingga seperti  membentuk mata dengan posisi layer badan masih terkunci.    23. Setelah itu buat frame baru pada layer badan di time line frame nomor  25 dengan cara klik  kanan pada frame time line no 25 pada layer badan lalu klik insert frame.    24. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :    Page | 17    
  • 18. 25. Kemudian buat keyframe baru pada layer mata dengan cara klik pada keyframe layer mata lalu  tekan tombol F6 terus untuk membuat keyframe dengan jumlah banyak sampai pada time line  frame nomor 25.    26. Selanjutnya hapus objek mata pada keyframe nomor 5 dan ganti dengan objek garis dengan  ketebalannya 3 pada menu properties stroke height dan dilengkungkan untuk membuat efek  berkedip dengan menggunakan menu Line Tool pada toolbox, dan hasilnya seperti pada gambar  di bawah ini :      27. Setelah itu copykan keyframe nomor 5 dan pastekan pada keyframe nomor 10, 15, 20, dan 25  dengan cara klik kanan pada keyframe nomor 5 lalu pilih copy frames, lalu paste kan atau  tempelkan pada keyframe yang dipilih tadi dengan cara klik kanan pada keyframe yang dipilih  lalu pilih paste frames.  Page | 18    
  • 19.   28. Selanjutnya buat layer baru dan beri nama sayap kiri untuk membuat sayap kiri burungnya.    29. Setelah itu buat gambar sayapnya dengan menggunakan menu line tool dan letakkan di bagian  badannya dengan catatan layer badan yang dikunci tersebut jangan dibuka terlebih dahulu agar  layer badan aman dari editan. Seperti gambar di bawah ini :    30. Kemudian blok fill gambar sayapnya dengan menggunakan paint bucket tool, sebelum di blok  ubah gap size untuk penutup outline yang tidak tertutup semua dengan cara klik ikon    pada menu option pada toolbox bagian bawah, lalu klik Close Large Gaps, kemudian baru blok  fill gambar sayapnya dengan paint bucket tool dengan warna biru muda.            Page | 19    
  • 20. 31. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :    32. Lalu buat sayapnya sedikit melengkung dan hapus garis bagian bawah sayap seperti gambar di  bawah ini :    33. Selanjutnya buat keyframe baru pada layer sayap kiri dan atur ukuran sayapnya sedikit mengecil  pada bagian atasnya dengan menggunakan menu Free Transform Tool pada toolbox, seperti  gambar di bawah ini :    34. Setelah itu buat lagi keyframe pada layer sayap kiri sampai pada time line nomor25 dan atur  ukuran sayapnya pada tiap keyframe, buat seperti burung sedang mengepakkan sayapnya,  kemudian setelah sayapnya jadi tes hasil animasinya dengan cara menekan tombol enter atau  tombol kombinasi Ctrl+enter.    Page | 20    
  • 21.   35. Selanjutnya buat layer baru lagi dengan nama sayap kanan dan letakkan di bawah layer badan.    36. Setelah itu copykan semua keyframe yang ada dalam layer sayap kiri dan paste kan ke dalam  layer sayap kanan.    37. Dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :    Page | 21    
  • 22. 38. Kemudian hapus sisa frame pada layer sayap kanan, lalu edit objek sayap kanannya sedikit  didepan dari objek sayap kiri terus sampai pada objek keyframe nomor 25. Setelah itu jalankan  animasinya.    39. Setelah animasi burungnya selesai dibuat kemudian kembali lagi ke menu scene 1, dengan cara  klik tanda panah arah kiri atau klik pada scene 1.    40. Setelah itu kecilkan ukuran gambar burung dan tambahkan lagi gambar burung dengan cara klik  drag dan drop dari symbol burung yang terdapat pada library, seperti gambar di bawah ini :    41. Kemudian ubah background stage nya dengan warna kuning cerah yang terdapat pada menu  properties.      Page | 22    
  • 23. 42. Selanjutnya buat layer baru dengan nama awan dan letakkan di bawah layer 1 atau layer burung  tersebut. Kemudian buat gambar awan dengan menggunakan menu oval tool.    43. Setelah itu buat frame baru pada layer burung pada time line nomor 25. Dan buat keyframe  baru pada layer awan pada time line nomor 25.    44. Kemudian pada keyframe nomor 1 pada layer awan, pindahkan objek awannya disebelah kiri  diluar stage animasi, dan keyframe nomor 25 pindahkan objek awannya disebelah kanan diluar  stage animasi.    Page | 23    
  • 24.   45. Setelah itu buat motion shape pada layer awan untuk menggerakkan awannya dari kiri ke kanan.    46. Kemudian simpan projectnya dengan nama burung dan berekstensi *.fla, kemudian jalankan  animasinya. Untuk menambah efek lagi bisa menggunakan gambar burung diiberi efek motion  atau yang lainnya. 

Tidak ada komentar: